Rufiyati Ambar Ningrum Juara 3 Guru RA Berprestasi DI Yogyakarta

Yogyakarta, Arraihan.org–Rufiyati Ambar Ningrum raih juara 3 guru Raudhatul Athfal (RA) berprestasi tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Guru RA Ar Raihan itu dikukuhkan sebagai pemenang ketiga setelah berkompetisi dengan guru-guru RA berprestasi dari kabupaten/kota seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada sesi presentasi, Ningrum memaparkan hasil penelitiannya terkait pemanfaatan APE dalam menangani anak-anak hiperaktif. Menurut Ningrum, seorang guru RA harus menangani beberapa anak sekaligus. Di antara anak-anak didiknya, hampir selalu ada yang hiperaktif dan memerlukan perhatian khusus. Untuk itu, Ningrum memanfaatkan APE agar anak-anak hiperaktif bisa lebih fokus atau konsentrasi belajar.

Presentasi dilangsungkan di Gedung Kanwil Kemenag DI Yogyakarta, Selasa (22/8). Selain guru-guru RA berprestasi, secara bersamaan juga dilangsungkan kompetisi untuk kepala RA.

Selain perihal presentasi hasil penelitian, unsur lain yang menjadi perhatian dewan juri adalah portofolio dan kemampuan peserta dalam berbahasa asing. Terkait kemampuan bahasa asing, lulusan UIN Sunan Kalijaga itu memilih menggunakan bahasa Arab.

“Tahun sebelumnya urutan kedua. Tahun ini urutan ketiga. Mungkin nilai portofolio saya masih perlu ditingkatkan lagi,” ungkap Ningrum.

Berdasarkan SK Kakanwil Kemenag DIY No. 482 tahun 2017, guru RA yang menempati urutan pertama adalah Sri Ngadiyati dari RA Masyithoh Kantongan Sleman. Sementara itu, posisi juara pertama diraih Estri Ritah Indriwati dari RA Masyithoh Janten Kulonprogo. (sab)

Kabar Terkait