Guru Kunjung, Layanan Terbaik RA Ar Raihan di Masa Pandemi

Arraihan.org–Pembelajaran jarak jauh sudah menjadi istilah yang tak asing lagi. Pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung kurang lebih enam bulan ini, mengharuskan sekolah-sekolah mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Seiring diberlakukannya PJJ, RA Ar Raihan melakukan evaluasi berkelanjutan demi perbaikan kualitas pembelajaran. Pada 31 Agustus 2020, RA Ar Raihan memulai program baru, yaitu “Guru Kunjung” atau yang disingkat “Rukun”.

Rukun merupakan program kelompok belajar dengan peserta terbatas. Anggota kelompok belajar maksimal lima anak berdasarkan kedekatan tempat tinggal dan kelompok belajar tahfiz. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu wali murid dengan protokol kesehatan; memakai masker dan atau face shield, menjaga jaga jarak, serta melakukan penyemprotan tempat menggunakan disinfektan sebelum dan sesudah kegiatan. Guru dan siswa juga mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Kepala RA Ar Raihan, Sugeng Sri Lestari, S.Si., menyatakan bahwa kegiatan Rukun ini merupakan bentuk layanan terbaik RA Ar Raihan untuk tetap menjalin kedekatan dan kelekatan siswa dan guru. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh siswa dan wali siswa. Para guru mendampingi anak-anak dengan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan, doa bersama, tahfiz bersama, privat baca Al Qur’an, dan mengenal keaksaraan.

Sugeng Sri Lestari berharap program ini menjadi solusi atas kendala pembelajaran jarak jauh. Program ini juga diharapkan dapat membantu para orang tua/wali yang kesulitan dalam pendampingan belajar di rumah. (*)